SUN PAGE

Selasa, 24 Mei 2011

Membuat Frontpage dan Postpage Blogger

Kali ini saya akan membagikan artikel mengenai frontpage (halaman depan) dan postpage (halaman posting). Tutorial ini merupakan salah satu primadona dikalangan blogger. Selain dapat mempercantik tampilan blog Anda, cara ini juga dapat menghemat kolom template Anda, khususnya pada bagian tampilan depan (frontpage). Cara ini terbilang unik, dikarenakan Anda dapat mengatur apa yang bisa Anda tampilkan di halaman depan blog Anda, dan apa yang ingin Anda sembunyikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti cara berikut ini :

Pertama, Anda harus mengenali terlebih dahulu struktur layout template blogger, yang biasanya terdiri dari : Halaman depan atau frontpage, yang juga sering kita samarkan menjadi home, halaman index label atau tampilan postingan dan artikel yang masuk dalam kategori label, dan halaman postingan.

Kedua, untuk mengatur tampilan frontpage dan postpage, Anda harus sedikit menambahkan kode di awal dan akhir kode HTML anda. Berikut struktur kode yang dapat Anda gunakan ini :

Jika Anda ingin kolom, ukuran kolom atau elemen widget ditampilkan pada halaman depan saja, namun disembunyikan atau berubah pada halaman postingan, scriptnya mengunakan kode berikut :

<b:if cond="data:blog.url == data:blog.homepageUrl"> ditutup dengan </b:if>

Jika Anda ingin kolom, ukuran kolom atau elemen widget ditampilkan pada halaman depan dan indeks label, namun disembunyikan atau berubah pada halaman postingan, scriptnya mengunakan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> ditutup dengan </b:if>

Jika Anda ingin kolom, ukuran kolom atau widget, di tampilkan pada halaman postingan, namun disembunyikan atau berubah pada halaman depan, scriptnya mengunakan kode berikut ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> ditutup dengan </b:if>

Demikian, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan tentu saja menghasilkan suatu layout template yang mantap dan sesuai dengan keinginan Anda.

0 komentar :

Posting Komentar