SUN PAGE

Senin, 28 Februari 2011

RSS, Apasih Kegunaannya?

Seringkali kita menemukan kata kata RSS di beberapa website yang kita kunjungi. Bahkan di era web 2.0 ini, RSS menjadi salah satu hal yang wajib untuk dimiliki oleh sebuah website. Beberapa website malah dengan sangat jelasnya menawarkan untuk berlangganan RSS-nya dengan meletakkan tulisan atau icon RSS yang sangat besar dan diletakkan di lokasi-lokasi tertentu di dalam websitenya.

Tetapi, apakah Anda tahu sebenarnya RSS itu apa? Sebagian dari Anda, mungkin menjawab tidak atau mungkin beberapa menjawab tahu sedikit, tapi saya yakin hanya sedikit yang menjawab YA.




Apa Itu RSS ?

RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. Secara sederhana, RSS bisa diartikan sebagai versi sederhana dari sebuah website yang menggunakan XML. Biasanya digunakan pada website website yang memperbaharui isi web secara berkala (dinamis), seperti contohnya portal dan juga blog. Tujuan utama kita dalam membuka sebuah situs website seperti portal dan blog adalah mendapatkan informasi, namun pada saat membuka website tersebut ada beberapa elemen yang mau tidak mau juga ikut termuat, seperti header, banner, footer, widget, plugin dan aksesoris lain yang sebenarnya banyak yang tidak Anda butuhkan. Nah, RSS adalah solusi untuk permasalahan ini. Dengan RSS Anda bisa mendapatkan informasi dari sebuah website dengan menampilkan isi atau content saja, tanpa header, banner, footer, widget dan lain sebagainya. Simpel bukan?
RSS Feed dan RSS Reader

Ada dua elemen penting yang digunakan untuk bisa memanfatkan teknologi RSS ini yakini RSS Feed dan RSS Reader. RSS Feed (pengumpan) adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbaharui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita). Jadi, sederhannya Feed merupakan layanan yang disediakan sebuah website untuk mengumpulkan isi atau content dari website tersebut, kemudian mendistribusikanya kepada orang-orang yang berlangganan tadi.

Sedangkan RSS Reader adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS yang diberikan. Cara membacanya adalah Anda memasukkan alamat RSS feed dari website tersebut di RSS Reader, nanti RSS Reader akan mengambil Feed dari RSS website tersebut. Setiap ada update berita, versi RSS-nya akan disediakan oleh Feed website tersebut dan dibaca oleh RSS reader.

RSS Reader ada dua tipe, pertama adalah desktop based, dimana Anda harus menginstall aplikasi tersebut ke komputer Anda. Kedua adalah web based, berupa aplikasi web, Anda tidak perlu menginstallnya, cukup buka browser dan membuka alamat RSS reader Anda. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, contohnya di desktop based, Anda perlu download dan melakukan instalasi, tapi ketika sudah terinstalasi Anda dapat membaca RSS Anda secara offline dengan menyimpannya. Sedangkan Web Based, Anda tidak perlu repot-repot download dan melakukan instalasi, tetapi Anda hanya bisa membacanya secara online.

Beberapa RSS Feed yang berbasis Desktop antara lain:

* RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2
* FastTrackNews
* Recover Data RSS Reader 2.0.5
* RSS Feed Reader 2.1
* YeahReader 2.4
* Active Web Reader 2.45
* Snarfer

Sedangkan yang berbasis web, anda bisa mencoba bloglines atau Google Reader.

Saya lebih menyarankan untuk menggunakan Google Reader, karena telah terintegrasi dengan akun email google (gmail), juga lebih simple dan mudah. Namun bagi Anda yang memiliki akun di yahoo, sekarang Yahoo pun memiliki fitur ini di My Yahoo Anda.

Dengan pemaparan tersebut diatas, lebih jelas kita mengetahui apa sebenarnya kegunaan RSS. Anda tidak perlu untuk melompat dari satu web ke web lain dan menunggu semua web termuat. Anda cukup membuka RSS reader Anda, dan semua versi simpel dari website yang suka Anda kunjungi ada semua disana. Selain menghemat waktu Anda, hal ini juga tentu saja menghemat bandwidth , bagi Anda yang menggunakan koneksi dial-up berbasis kuota/waktu.

Mengutip dari blognya kang Budi Putra, seorang Wartawan Kompas, bahwa harus diakui, cepat atau lambat, RSS akan menjadi ikon penting lainnya selain internet dan e-mail. Secara teknis maupun bisnis, fenomena ini memang layak diprediksikan akan menjadi salah satu lahan penting dalam mendulang keuntungan. Dan bagi pengguna internet, RSS adalah sebuah kontribusi luarbiasa dalam memperkaya cara orang dalam mengakses informasi dari jagat Internet.

Referensi:
http://bloggingly.com
http://thegadget.wordpress.com
http://wikipedia.org

0 komentar :

Posting Komentar