SUN PAGE

Rabu, 20 April 2011

Cara Otomatis Mengosongkan Trash (Tong Sampah) di WordPress

Sejak diluncurkannya WordPress 2.9, ada fitur yang namanya Trash (tong sampah) di WordPress. Fungsi Trash sama halnya dengan Recycle Bin, yaitu untuk menampung sementara hasil penghapusan sebelum dihapus secara permanen. Hal ini dapat membantu kita untuk mengembalikan sesuatu yang secara tak sengaja telah kita hapus. Sisi buruknya adalah, kita harus mengosongkan tong sampah tersebut secara berkala.

Secara bawaan (default), WordPress akan menghapus tong sampah tersebut setiap 30 hari. Waktu yang cukup lama untuk menunggu dimana mungkin saja dalam sebulan itu akan terdapat ratusan komentar, spam, tulisan atau halaman yang masuk tong sampah dan harus segera dibersihkan.

Pada artikel ini saya akan berbagi tips untuk membersihkan isi tong sampah tersebut secara otomatis sesuai waktu yang kita inginkan; setiap hari, setiap minggu, atau setiap berapa hari pun yang anda inginkan.

Caranya adalah dengan membuka file wp-config.php.File ini biasanya terletak pada akar direktori hosting (/public_html/). Anda bisa membukanya dari CPanel, atau mengunduhnya terlebih dahulu [bisa melaui FTP client] kemudian menyuntingnya dan diunggah lagi ke tempat semula.

Tambahkan kode berikut ini di bawah salah satu baris yang diawali dengan kata define di dalam file tersebut:


define('EMPTY_TRASH_DAYS', 1 ); //Bilangan adalah jumlah hari


Ubah angka 1 menjadi 7 bila anda ingin menghapus isi tong sampah anda setelah satu minggu atau ubah ke angka berapa pun jumlah hari sesuai keinginan anda. Ubah angkanya menjadi 0 jika anda memutuskan untuk mengabaikan penampungan sampah tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber : budiastawa.com

0 komentar :

Posting Komentar